Jumat, 17 Mei 2013

Petanda Mimpi

Mimpi pagi ini tidak menyenangkan. Aku lihat kamar belakang keluar air. Teriak orang yang aku tidak kenal mewarnai. Air membawa tanah dari bawah lantai. Terbangunlah aku dengan ada teriak orang asing tiba-tiba. Jeritan tak pernah aku dengar sebelum. Mimpi buruk membangunkan aku dari dingin pagi ini. Setelah terbangun aku langsung melihat kamar dibelakang ternyata tidak ada apa-apa. Kondisi mental tidak begitu baik. Beberapa hari ini aku tidak berniat untuk makan. Tadi malam hanya minum air putih saja. Indera perasa sudah aktivasi lagi. Perasa ku mulai mengetahui apa yang akan terjadi dikarenakan tidak makan. Pikiran ku sebenarnya instropeksi tentang kondisi diri sendiri. Apa tujuan ku melakukan ini semua? Aku ingin mendapatkan uang lebih banyak.

Mimpi kali ini silih berganti dengan tempat-tempat asing yang aku sendiri tidak bisa digambarkan dengan jelas. Ada pembimbicaraan aku tidak mengerti bahasa mana. Aku dalam mimpi ini tidak bisa berbicara selain mengamati saja. Teriakan keras membangunkan aku. Tak ada suara untuk menanggapinya. Sebelum suara itu histeris air sudah ada dalam kamar belakang. Isi kamar berisi buku-buku. Air keluar dari kamar. Aku khawatir air membasahkan buku-buku. Karena teriakan bangun tidur ku tersentak membuka mata. Mimpi yang buruk.

Terdengar suara di atas rumah adanya gesekan. Ditalang rumah ini terdengar orang sedang membersihkan. Mungkin suara diluar sana mempengaruhi mimpiku. Aku tidak perdulikan selain urusan pagi ini dengan mandi dan mencuci pakaian. Di sore hari cuaca mendung, sekilas air hujan tanpa lebat, setelah beberapa menit deras air hujan. Awal mulanya biasa saja menanggapi sudah sering dan tidak ada masalah. Tidak ada lima menit berlangsung bocor rumah di dapur, itu biasa sering terjadi. Semakin lama lebat air hujan membuat banjir di belakang rumah. Tepatnya di daerah dapur. Air jatuh tidak biasanya. Ini sepertinya ada penutupan langsung. Aku keluar dan melawati tempat tentang dengan rumah yang baru dibangun ternyata benar. Talang belakang menuju kebelakang ke sisi kanan tempat tanah kosong kini ditutup. Pagi dengan mimpi buruk adalah benar.

Doa di malam hari biasa aku selalu dialog dengan jiwa ku. Terima kasih dalam doa ku kepada jiwa ku. Karena petunjuk tidak mungkin didapatkan bila saja tidak ada komunikasi antara jiwa dan kesadaran. Dialog kepada diri sendiri sendiri adalah pujian bahwa telah membantu jasad menyelamatkan hidupnya. Sedikit sekali jasad berkomunikasi dengan jiwa, sedikit pula petunjuk pada diri sendiri untuk dapat menyadari. Jiwa pengetahuan luar biasa, menghasilkan intelektual, emosional. Pengolahan jiwa membutuhkan konsistensi. Membutuhkan kerelaan mengosongkan perut, pikiran, perasaan. Jiwa dapat dijadikan sumber petunjuk untuk mendapatkannya memerlukan pengorbanan diri juga waktu yang panjang.

Bermimpi sering aku pesan jika kondisi pikiran tidak mendapatkan jalan keluar. Istirahatlah aku dengan rilex. Masalah dengan tiada ada titik temu aku tenangkan dan serahkan kepada mimpi. Sering kali mimpi memberikan gambaran yang menurut ku tidak sesuai dengan penyelesaian yang aku mau. Contoh dalam kondisi keinginan bagaimana mendekati seseorang dan di dalam mimpi diberikan gambaran perpisahan. Pada kondisi itu berarti untuk beberapa lama tidak dapat disatukan. Jangan harap bisa dipersatukan sebab kondisi atau waktu yang tidak sesuai.


Waktu tidak sesuai? Semua wujud memiliki waktu. Tidak ada yang selamanya. Ada waktu pertemuan dan ada waktu perpisahan. Gambaran dalam mimpi mengajarkan bahwa untuk waktu tertentu adanya perpisahan. Bila bersatu pasti mengalami konflik yang tidak terbayangkan sebelumnya. Secara intelektual pasti akan menentang dengan prinsip bahwa manusia berhak melakukan segalanya. Prinsip eksistensi manusia memang benar, namun ada kebenaran lain membuat eksistensi harus selaras dan menyesuaikan. Manusia mengetahui tentang apa saja yang terjadi, namun tertutupi oleh ego bahwa segalanya dapat diubah, itu benar, namun memerlukan waktu. Tidak mungkin menanam diwaktu badai datang. Sama saja orang tertidur sambil berjalan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar